Translate

Jumat, 15 Maret 2013

Review Psikologi Kognitif part3 ^_^

haiii kawan-kawan semuaaaa :) balik lagi nih di psikologi kognitif part 3 jangan bosen-bosen yah yah yah yah hehhehhe ^.^
hmm kali ini gue gak akan pk kata sobat sobit kawan kawin deh abis hari senin kemaren masa mas seta rada nanya di ruang kelas gitu makna dari kata itu hahhaha kan gue malu gak secara langsung sih mas seta ngomongnya cuman bilang "siapa tuh yg pk kata sobat sobit kawan kawin" hahhahhah kan jadi tengsin  yak -__-
sedikit cerita aja nih kawan-kawan gue dapet kata-kata itu dari radio abis pendenger radio bgt nih gue hehheh
kalau di radio kedengerannya lucu nah gue pake di curhatan gue taunya gitu deh memalukan diri sendiri hahhahha :D *ahaydeuhhh
oke deh gue panggil dengan sebutan kawan-kawan aja biar akrab yah sob ;)

nih gue jelasin materi yang gue dapet dari kelompok 4 dan 5 tapi kemaren yg presentasi kelompok 4 doang sih cuman kata mas seta materi kelompok 5 hampir sama jadi yang cukup maju kelompok 4 aja, nah di kelompok 4 ngebahas tentanggggggg ayolah kita tongkrongin yah :) hehhe
cekidottttttt >.<

materi mengenai "perkembangan kognitif"
yang pertama dikemukakan oleh teori pengembangan piaget
Jean Piaget merupakan tokoh psikologi perkembangan kognitif, dan berkebangsaan Swiss. Teori yang terkenal adah Teori mengenai STUDI ANAK-ANAK.
nah guys piaget membagi dala 4 tahap pertumbuhan mental pada anak, nih kita bahas yahhh :)

1. Periode sensorimotor (usia 0–2 tahun): Pada masa ini terdapat beberapa karakteristik, seperti dunianya terbatas pada saat sekarang dan disini, belum mengenal bahasa, belum memiliki pikiran pada masa-masa awal, belum mampu memahami realitas objektif.
contohnya gini sob, yang gue tau yak abis gue punya sepupu banyak banget nah ada sepupu gue di umur kisaran 1thn kurang namanya arif nah pada tahap ini arif berbicara blm lancar masih terbata-bata masa nyebut tante aja ate kan aneh yah hehehhe 

2. Periode praoperasional (usia 2–7 tahun): pada tahap ke dua terdapat tindakan secara mental terhadap objek-objek, pikirannya bersifat egosentris, pemikirannya didominasi oleh persepsi, intuisinya lebih mendominasi daripada pikiran logisnya, belum memiliki konservasi.
contohnya kita bahas sepupu gue lagi yah :) nah namanya adya umurnya 3 tahun nah pada usia ini adya mulai melihat sesuatu di lingkungan sekitar dan mulai banyak nanya loh sob dan berbicara sudah lumayan lancar, jadi pernah nih gue bawa es cream nah adya lagi makan roti terus gue kasih tuh es cream tanpa di suruh lagi adya bisa nyampurkan roti dengan es hmmm hebat kan hhehhe
yang paling lucunya adya nanya es cream buatnya dari apa, nah gue jawab dari susu sama coklat trs adya nanya lai susunya dari mana dan seterusnya, nah gitu deh guys di tahap ke dua hehhehe

3. Periode operasional konkrit (usia 7–11 tahun): Berupa tindakan kemampuan konservasi, kemampuan mengklasifikasikan dan menghubungkan pemahaman tentang angka, berfikir konkret, dan perkembangan pikiran tentang reversibilitas.
nah untuk yang ini kita ambil contoh ade gue indra yg usiannya 11 thn nah pada perkembangan ini indra mulai melakukan tindakan sesukannya misalnya gini kalau kata mamah gue jangan maen ujan-ujanan tapi indra malah maen ujan-ujanan juga sama temennya -_- nah tahap yg ke 3 ini juga mulai ada tenggang rasa sesama manusia loh sob trs tau artinya dan makna seperti sedih nih gue kasih tau lagi yang gue teliti dari ade gue hhehhe
jadi setiap berangkat sekolah ade gue pasti nungguin temennya buat berangkat ke sekolah trs pernah nih gue jatoh dari motor nah ade gue nangis banget2 trs bilang teteh gak apa2 mah, kasian mah teteh dan segala macem nah di umur segitu juga lagi nyebelin-nyebelin bgt loh guys jadi suka jail >.< hmmmm          

4. Periode operasional formal (usia 11 tahun sampai dewasa): Periode terakhir perkembangan kognitif dalam teori Piaget. Tahap ini mulai dialami anak dalam usia sebelas tahun (saat pubertas) dan terus berlanjut sampai dewasa. Karakteristik tahap ini adalah diperolehnya kemampuan untuk berpikir secara abstrak, menalar secara logis, dan menarik kesimpulan dari informasi yang tersedia.
nah pada tahap ini anak-anak udah bisa berfikir dewasa loh jadi bisa di mintai pendapat, rasa jatuh cintai juga udah ada dan tau artinya cinta apa trs tau rasanya galau hehhehe *ahaydeuhhh

nah setelah adanya Jean Piaget muncul lagi tokoh ke 2 yaitu Vygotsky tarrraaaaaaaaaaaaaaaaa :D
ayo kita bahas lagi :)
hmm Vygotsky seorang tokoh dai rusia. nah pada teori vygotsky menolak determinasme biologis yang menyatakan bahwa perkembangan didahului oleh proses belajar, sedangkan pikiran dan bahasa tidak saling tergantung, karena pikiran terbentuk secara biologis dan bahasa terbentuk dari sosial.
nah vygotsky menyatakan perkembangan kognitif manusia adalah proses biologis juga karena proses transformasi, tetapi tumbuh kembangnya di pengaruhi oleh lingkungan sekitara dan vygotsky menyebutnya sebagai KONTRIKSI SOSIAL.


Teori Vygotsky tentang Bahasa

Tahapan
Fungsi
Sosial (eksternal)
Mengontrol prilaku orang lain
(sebelum usia 3 tahun)
Mengekspresikan pikiran-pikiran dan emosi-emosi sederhana

Egosentris
Fase antara bicara eksternal dan internal
(Usian 3 – 7 tahun)
Mengontrol prilaku, tetapi ekspresikan dengan keras

Internal (inner)
Pembicaraan dengan diri sendiri (self-talk) yang memungkinkan pemikiran terarah

(Usia 7 tahun ke atas)



Nah itu sedikit cerita dari gue 
Bahasa melinatkan fungdi mental yang lebih tinggi



semoga bermanfaat yah kawan-kawanKu :) aminnnn O:)






2 komentar: