Translate

Minggu, 23 Maret 2014

Tes Individu dan Populasi Khusus dan Tes Minat


Psikodiagnostik kelas B

Test Individu dan Populasi Khusus

Tes tersebut dipergunakan pada lingkup orang-orang yang tidak bisa di uji dengan menggunakan tes yang pada umumnya.

Pada awal pembuatannya, alat tes tersebut haruslah memiliki kesesuaian norma dengan konflik di tiap tahapan perkembangan manusia sehingga menghasilkan alat tes yang valid dan tidak semua alat tes diperuntukkan secara global pada semua orang, tetapi disesuaikan dengan kondisi individu atau kelompok yang hendak di tes.
Misalnya dipergunakan untuk individu yang menyandang disfungsi pada indranya
•Tuna Netra -> alat tes yang memang sengaja dirancang untuk penyandang tuna netra, seperti College Board Scholastic Assessment Test(SAT) yang tersedia dalam format huruf braille.
 •Di antara contoh-contoh paling awal tentang tes intelegensi umum yang telah diadaptasi untuk para tuna netra adalah tes Binet (Anastasi & Urbina, 2007).

Beberapa tes-tes yang berusaha dikembangkan untuk tunanetra, diantaranya :
1.       Perkins-Binet Tests of Intelligence for the Blind à di mana instrumennya distandarkan dan memiliki bentuk-bentuk terpisah untuk anak-anak yang masih mampu melihat meski sedikit dan anak yang benar-benar buta.
2.      Blind Learning Aptitude Test (BLAT) à tes individual yang memasukkan soal-soal yang diadaptasi dari tes-tes lainnya, misalnya Raven’s Progressive Matrices.
3.      Intelligence Test for Visually Impaired Children (ITVIC).
Terbagi 4 kategori utama bisa dikenal dari sudut pandang :
1. tes – tes untuk tingkat bayi dan tingkat prasekolah
2. tes – tes yang digunakan untuk orang – orang yang terbelakang mental
3. tes – tes untuk orang dengan aneka ragam kekurangan indrawi dan motorik
4. tes – tes yang dirancang untuk digunakan melintasi berbagai kultur atau subkultur

Definisi Tes Minat :
–Untuk mengetahui minat seseorang digunakan instrument yang harus tidak mengungkap aspek kognitif yang biasanya disebut dengan kemampuan.
–Studi tentang minat mendapat dorongan terkuat dari penaksiran pendidikan dan karir.
Minat sangat penting untuk menunjang prestasi seseorang dalam pendidikan dan pekerjaan, selain juga penting untuk melangsungkan hubungan antara manusia.
Sebagian besar inventori minat di rancang untuk menafsir minat individu dalam berbagai bidang pekerjaan. Jumlah inventori juga memberikan analasisis minat dalam kurikulum pendidikan atau bidang studi yang pada gilirannya terkait dengan keputusan karir.

1 komentar:

  1. Review 26 Maret 2014
    Pada pertemuan ke 4
    Sedikit membahas mengenai pameran foto yang di selenggarakan oleh UKM photo up di Universitas Pancasila yang salah satu tugas dari mas Seta dan sedikit berbagi pengalaman dan bercerita mengenai apa saja yang sudah di lihat di sana. Kemudian membahas mengenai Minat dan Bakat.

    Minat atau yang di sebut Interest adalah reaksi seseorang terhadap berbagai situasi yang secara keseluruhan akan mencerminkan minatnya. Sedangkan, bakat atau yang disebut Aptitude adalah kemampuan seseorang dalam bidang tertentu.
    Sikap atau attitude adalah tingkah laku yang di tunjukkan seseorang tersebut.

    Ada beberapa alat test di berbagai negara seperti:
    DAT dari Amerika, IST dari Jerman dan TKD dari Indonesia tetapi lebih dikenal dengan TPA (tes potensi akademik). Dari berbagai nama tes diatas memiliki fungsi yang sama yaitu untuk mengetest kemampuan seseorang.

    Tahap atau prosedur tes individual:
    -ketahui tujuannya apa
    -ketahui teorinya
    -menguasai alat tes, seperti:
    a.apa yang ingin di gunakan alat tesnya
    b.alat tes seperti apa yg dibutuhkan
    c.pahami masing-masing fungsi alat tes tersebut.
    -pemeriksa harus mengetahui gestur/peka/keadaan/empati terhadap orang yang sedang dites, jadi harus lebih sensitif
    -memberikan instruksi yg optimal setelah mengetahui teori dan apa alat tesnya
    -membuat wawancara dan laporan

    Sekian penjelasan mengenai review yang dapat saya sampaikan. Terima kasih

    BalasHapus